Tips Menghindari Asam Urat

Orang dengan asam urat dan diabetes disarankan untuk menghindari makanan yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dan insulin dalam tubuh. Karena itu, dianjurkan diet untuk penderita sakit batu ginjal dan gula manis fokus pada penurunan kadar asam urat dan gula darah. Segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat asam urat apabila anda mengetahui bahwa anda menderita penyakit asam urat.

Beberapa Tips Menghindari Asam Urat

1. Hindari makanan yang kaya purin. Karena asam urat diproduksi dari metabolisme purin di dalam tubuh, yang terbaik adalah menghindari makanan yang mengandung purin. Kristal urat menumpuk di sendi jika asam urat meningkat dan ini bisa memperparah nyeri sendi pada asam urat.

Selain itu, kenaikan asam urat dapat meningkatkan resistensi insulin yang merupakan kondisi dimana tubuh tidak merespon fungsi insulin. Hal ini selanjutnya dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang, yang menyebabkan gejala diabetes.

Makanan kaya purin adalah makarel, ikan asin, daging organ, kacang kering, kacang polong, makanan kaleng, mi instan, anggur dan bir.

2. Hindari makanan kaya fruktosa. Makanan kaya fruktosa banyak mengkonsumsi adenosine triphosphate (atau ATP) saat dimetabolisme. ATP ini adalah molekul penyuplai energi yang digunakan sel dalam tubuh. Konsumsi berlebihan ATP menyebabkan penipisannya dan menghasilkan zat tambahan seperti asam laktat dan asam urat, sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, fruktosa dianggap sebagai gula. Mengkonsumsi makanan kaya fruktosa dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang dan menyebabkan terjadinya gejala.

Makanan yang harus dihindari adalah apel, pisang, pir, agave, melon, asparagus, kacang, brokoli, kol, bawang merah, tomat, kacang tanah, kismis, buah ara, minuman berkarbonasi, minuman buah, kecap, barang kaleng, coklat, kue kering dan sereal sarapan.

 

Related posts: